Aleksander Ceferin, Resmi Jadi presiden UEFA yang Baru

Aleksander Ceferin, Resmi Jadi presiden UEFA yang Baru

Pria asal Slovenia tersebut sejatinya berhasil memenangkan persaingan dengan keunggulan telak atas para kandidat Presiden UEFA yang lain. Kini, Tongkat kepemimpinan UEFA berada di tangan mantan Presiden Asosiasi Sepakbola Slovenia tersebut untuk periode lima tahun ke depan.

Aleksander Ceferin, Resmi Jadi presiden UEFA yang Baru

UEFA, Asosiasi Sepakbola Tertinggi di Eropa ini akhirnya melakukan voting untuk memilih Presiden anyar mereka, guna menggantikan Michael Platini pada singgasana pemimpin. Tepat pada Kamis dinihari (15/09) waktu setempat, UEFA mengumumkan bahwa Alesander Ceferin telah resmi menjadi Presiden baru mereka.

Sebagaimana diketahui, carut marut sepakbola di tubuh FIFA dan UEFA memang sudah terjadi sejak tahun 2015 kemarin. Dua tokoh tersohor dalam dunia sepakbola, Sepp Blatter dan Michel Platini diduga terlibat dalam kasus suap beberapa tahun silam. Blatter sendiri telah disanksi FIFA dan diturunkan dari jabatannya sebagai Presiden FIFA, untuk kemudian digantikan oleh Gianni Invantino.

Tak lama berselang, giliran UEFA yang melakukan kongres besar untuk memilih Presiden anyar mereka, hasilnya? Adalah sosok asal Slovenia, Alesander Ceferin yang terpilih setelha memenangkan persaingan dengan Michael Van Praag. Dalam kemenangannya, mantan Presiden Asosiasi Sepakbola Slovenia ini berhasil memenangkan 42 Suara, dari total 55 suara yang ada. Dengan kata lain, dia unggul telak atas Michael Van Praag, yang sejatinya mendapat dukungan penuh dari Federasi Sepakbola Inggris.

Sebagai informasi, Cefferin sendiri adalah sosok yang memiliki latar belakang di bidang hukum, dan mengajukan deretan pembaruan di tubuh UEFA. Yang paling dia soroti adalah tentang transparansi di semua aspek, keuangan atau apapun, dan memiliki visi untuk memajukan sepakbola Wanita, dan memerangi Pengaturan Skor.

Semoga saja, UEFA akan menjadi Asoasiasi yang lebih baik lagi dibawah arahan sang Presiden Anyar.

Related posts

Leave a Comment