Fergie Sebut Taktik Pressing Ketat Jurgen Klopp terlalu Riskan

Arsenal v Borussia Dortmund - UEFA Champions League

Menurutnya, taktik pressing ketat yang diterapkan sang manajer asal Jerman di Liverpool akan membuat para pemain lekas kelelahan dan kekurangan stamina serta kebugaran, itulah yang menjadi alasan, kenapa Liverpool akhirnya kalah di tangan Sevilla pada Final Liga Europa Musim lalu.

Arsenal v Borussia Dortmund - UEFA Champions League

Sir Alex Ferguson, mantan manajer legendaris Manchester united ini menyebut bahwa taktik yang diterapkan Jurgen Klopp di Liverpool sejatinya terlalu riskan. Dengan kata lain, taktik tersebut bersiko terhadap para pemainnya sendiri, sebagaimana tugas yang diberikan kepada mereka bisa dikatakan sangatlah berat dan melelahkan.

Sebagaimana diketahui, manajer asal Jerman memang dikenal sebagai sosok juru taktik yang gemar menerapkan taktik Pressing ketat pada tim yang dia tangani. Bagaimana Ketatnya pressing tim asuhan Klopp sudah terkenal, dan itulah yang membuat mereka berhasil menjuarai dua edisi Bundesliga Jerman dan mencapai final Liga Champions Eropa saat masih tangani Borussia Dortmund.

Taktik serupa kemudian diterapkan klopp di Liverpool, mereka berhasil melangkah sampai ke babak final Liga Europa musim lalu, sayangnya, taktik tersebut juga lah yang membuat mereka akhirya telan kekalahan dari Sevilla sebagaimana penuturan Sir Alex Ferguson.

”Sebenarnya, Sevilla tidak menikmati tekel dan determinasi Liverpool pada babak pertama, akan tetapi, mereka berhasil mengawali babak kedua dengan sikap yang lebih positif dan mencetak gol sesegera mungkin demi bisa mengubah jalannya pertandingan”

”Pada babak kedua, Liverpool tidak memiliki tenaga lagi, mereka tidak bisa menjangkau bola yang datang. Ruang lapangan tengah terlihat semakin terbuka. Sepanjang karir, saya sendiri tak pernah meiliki tim yang bisa mengejar bola sepanjang musim” Demikian kata Sir Alex kepada reporter.

Liverpool akan berhadapan dengan Chelsea dalam lanjutan Liga Primer Inggris akhir pekan ini.

Related posts

Leave a Comment