Sepak Bola Berhasil Menjadi Pemersatu Ukraina

Sepak Bola Berhasil Menjadi Pemersatu Ukraina

Hal tersebut dituturkan oleh salah seorang bintang Ukraina, Andriy Yarmolenko yang beranggapan bahwa Sepakbola telah berhasil menyatukan Ukraina, membuat rakyat melupakan sejenak perbedaan yang ada selama dua tahun terakhir ini.

Sepak Bola Berhasil Menjadi Pemersatu Ukraina

Sepak Bola dianggap telah menjadi pemersatu warga Ukraina setelah sempat berkonflik terkait munculnya pihak Pro Rusia dalam dua tahun terakhir ini. Sebagai informasi, Ukraina memang bergejolak selama dua tahun terakhir, tepatnya sejak tahun 2014 silam, semenjak munculnya kelompok yang Pro Rusia, dan menginginkan agar Ukraina kembali menjadi negara bagian Rusia seperti dulu. Hal tersebut membuat Ukraina kemudian terbelah, namun, perpecahan itu sejatinya tak terlihat ketika mereka memberikan dukungan penuh kepada timnas ukraina yang bermain di ajang Piala Euro 2016.

Dalam laga perdana melawan Jerman kemarin, terlihat jelas Suporter Ukraina datang dengan jumlah ribuan, bersatu dan bersama-sama memberikan dukungan. Terlepas dari hasil akhir, dimana ukraina sendiri kalah di tangan Jerman dengan skor akhir 2-0, Bintang Ukraina, Andriy Yarmolenko menuturkan pendapatya bahwa sepak bola telah menjadi pemersatu Negaranya yang mengalami kekacauan selama dua tahun terakhir ini.

“Semua orang, termasuk saya, sangat bangga bisa menjadi wakil Ukraina pada turnamen level Internasional, kami merasa dab sudah ada bukti ketika babak play off, jika sepakbola memang berhasil membuat negara kami bersatu. Para pemain telah melebur dengan sempurna dalam kemenangan”

“Sepakbola adalah salahi satu cara untuk membuat negara kami ini bersatu yang sejatinya telah berantakan dalam dua tahun terakhir. Bagi anda, mungkin ini hanya sebuah sepakbola, namun artinya sendiri lebih bagi kami, ini tentang hidup” Ujar Pemain Dynamo Kiev sebagaimana dilansir L’Equipe.

Ukraina sendiri tergabung dalam Group D bersama dengan Jerman, Polandia dan Irlandia Utara.

Related posts

Leave a Comment